8 Tips Mengelola Financial

Source : http://kebebasan-keuangan.posterous.com

Kiat-Kiat Mengendalikan Biaya Berikut beberapa cara untuk mengendalikan pengeluaran Anda. Cara-cara lain bisa Anda kembangkan sesuai kondisi dan inovasi Anda.

1. PELIHARA GAYA HIDUP SESUAI KEMAMPUAN
Di sekeliling kita, terutama di kota besar, banyak promosi produk dan tekanan sosial yang mendorong kita untuk bergaya hidup di kelas ekonomi setingkat di atas kemampuan kita. Tetaplah berorientasi kedepan sehingga kita mampu bertahan dan tetap bijak menata prioritas pengeluaran jangka pendek kita, dan tetap mengelola anggaran surplus (pemasukan lebih besar daripada pengeluaran) dengan berkesinambungan.

2. TABUNGAN OTOMATIS
Setelah Anda berhasil menata pengeluaran dan membuat pola anggaran surplus, saatnya lah Anda lakukan menabung secara otomatis.
Menabung otomatis, adalah melakukan tabungan (pada awal bulan bagi Anda yang terima gaji kantor) ke suatu rekening khusus, dapat berupa:
- rekening tabungan bank tersendiri yang tidak digunakan untuk pengeluaran sehari-hari lainnya
- rekening deposito
- rekening reksadana pasar uang dari perusahaan sekuritas.
Rekening khusus ini menjadi basis Anda untuk melakukan langkah investasi selanjutnya, bilamana kebutuhan dana cadangan jangka pendek telah terpenuhi.
Kebutuhan cadangan dana jangka pendek kita adalah jumlah konsumsi rutin kita untuk periode 3 sampai 6 bulan kedepan.

Yang dimaksud otomatis adalah menabung menjadi langkah pertama, sebelum melakukan pengeluaran bulanan kita lainnya.
Seringkali orang menempatkan menabung menjadi urutan terakhir setelah pengeluaran-pengeluaran lainnya, sehingga orang itu tidak pernah jadi menabung karena pengeluaran lainnya sudah terlanjur membengkak.
Bila Anda menabung sesuai jumlah komitmen anggaran Anda, dan Anda lakukan sebagai langkah pertama, maka kendali pengeluaran rutin lainnya dari sisa dana anggaran pengeluaran yang ada, jadi lebih mudah.

3. BATASI KARTU KREDIT ANDA
Kartu kredit adalah adalah alat pembayaran yang memiliki beberapa manfaat, namun memerlukan kesiapan mental bagi pemiliknya.
Bila kita tidak mahir, bahaya yang kerap timbul adalah:
- konsumsi diluar rencana karena pada waktu berbelanja serasa tidak mengeluarkan uang, terbuai kemudahan.
- konsumsi diluar batas kemampuan sehingga akhirnya orang terperosok pada jeratan hutang dengan beban bunga yang tinggi.

Untuk tetap menjaga kendali biaya dan pengeluaran Anda :
- Batasi limit penggunaan kartu kredit sesuai kebutuhan saja. Tidak perlu memiliki platinum card bila memang tidak memerlukan.
- Jangan mengkoleksi kartu kredit sehingga Anda jadi punya banyak. Biaya membership yang tinggi hanya merupakan pemborosan.

Saya tidak setuju bila kartu kredit melulu dikatakan buruk, yang penting kita bijak menggunakannya. Kartu kredit dapat menolong kita bilamana terjadi keadaan darurat dan mengharuskan kita melakukan pembayaran tertentu. Belanja untuk keperluan rutin normal dengan kartu kredit selain aman dari pencurian uang tunai, juga seringkali memberikan pendapatan ekstra dari hadiah akumulasi poin maupun hadiah undian.

Seperti pisau bermata dua, bila mahir akan untung, bila pandir menjadi buntung.

4. MENIKMATI MASAKAN RUMAH SENDIRI
Biaya untuk makan adalah pengeluaran paling mendasar dalam hidup kita.
Biaya untuk memasak sendiri di rumah adalah jauh lebih murah dibandingkan jajan diluar.
Jadikan jajan diluar merupakan bagian dari kegiatan rekreasi Anda, dan bukan tempat makan utama Anda.

Bagi Anda pegawai kantoran, membawa bekal makan siang dari rumah akan banyak menghemat dan terjaga kebersihannya.

5. BELANJA DAPUR BULANAN
Langkah berikut dapat Anda terapkan dalam pengeluaran rutin belanja kebutuhan dapur:
a. Tidak usah terpancing daya tarik diskon atau potongan tertentu (beli 2 dapat 5 dll.) suatu barang yang sebetulnya Anda tidak membutuhkan barang tersebut pada saat itu.
b. Buat daftar barang yang akan dibeli sebelum berangkat ke pasar atau supermarket, untuk memandu belanja agar tetap sesuai dengan kebutuhan.
c. Bila membawa anak waktu berbelanja, pastikan Anda tidak mengabulkan rengekan anak yang meminta sesuatu diluar rencana. Jika Anda tidak bisa memastikan itu, lebih baik tidak usah mengajak anak berbelanja.

6. HEMAT BIAYA LISTRIK
a. Evaluasi kapasitas daya listrik rumah Anda apakah sudah efisien, karena kapasitas besar mengakibatkan tarif yang lebih tinggi
b. Ajarkan anak-anak untuk selalu mematikan peralatan elektronik yang tidak sedang digunakan.
c. Gunakan perangkat elektronik yang hemat listrik. Lebih baik memiliki peralatan yang agak mahal namun hemat daya ketimbang yang seba liknya.

7. HEMAT PENGELUARAN RUTIN LAINNYA
Coba anda evaluasi lagi pos-pos pengeluaran yang sebenarnya tidak optimal penggunaannya. Apakah langganan koran dan majalah masih Anda baca semuanya? Apakah Anda berlangganan TV kabel sementara Anda jarang sekali ada di rumah. Ini hanya contoh pertanyaan saja. Pertanyaan terhadap diri sendiri " apakah pengeluaran ini/itu masih saya butuhkan saat ini?" secara berkala akan sangat membantu Anda dalam mengendalikan biaya.

8. BUAT ASSET ANDA MENJADI LEBIH PRODUKTIF
Banyak hal bisa Anda gali potensinya disini. Saya hanya ambil satu contoh.
Bila Anda mengantar jemput anak ke sekolah dengan mobil sendiri setiap hari, bila masih ada kursi kosong tentunya bisa dimanfaatkan.
Ajak teman sekolah anak yang searah, untuk bergabung dengan berbagi biaya (cost sharing). Orang tua teman anak dan Anda sendiri akan sama-sama memperoleh keuntungan

0 comments:

Posting Komentar